Rabu, 11 November 2009

MENCINTAI ORANG LAIN




“Jika Anda menilai orang, Anda tak punya waktu untuk mengasihinya.
(Bunda Teresa)

Suatu waktu Aku melihat sebuah pengemis yang bertubuh cacat. Tubuhnya nampak tidak lazim, melengkung ke kanan, sehingga jika berjalan bagian atas tubuhnya miring. Seakan-akan kepala sejajar dengan tinggi pinggangnya. Belum pernah Aku melihat pengemis seperti itu, terlebih ketika berhenti di perempatan jalan raya.
Seorang pengemudi yang lain memberi sedekah yang tidak seberapa. Pengemis itu mendekat dan mengambilnya walaupun terlihat berjalan agak sempoyongan karena berat tubuh yang tidak seimbang.

Pada saat ada pengemudi lain, yang agak jauh dari pengemudi yang pertama itu memberi sedekah, seorang penjaja koran membantu dengan mengambilkan uang sedekah itu pada Sang Pengemis.

Akupun merasa iba dan ikut memberi sedekah. Hanya itu yang bisa kulakukan.
Kita ini mudah sekali kasihan pada orang yang nasibnya jauh dibawah kita. Obyek kasihan yang teramat sulit adalah terhadap orang yang sombong, yang merasa memiliki keadaan yang lebih baik dari kita. Mungkin hal itulah yang membuat Bunda Teresa pernah berkata, “Jika Anda menilai orang, Anda tak punya waktu untuk mengasihinya.”

Tidak ada komentar: